Resep Babi Goreng Bawang Sederhana yang Bisa Dicoba di Rumah

babi yang digoreng menggunakan bawang

 

Hola Babilicious, setelah kita membahas tentang resep babi rica, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana mengolah daging babi dengan pengolahan digoreng, salah satunya dengan babi goreng bawang ini, biar gak penasaran simak pembahasannya disini.

Bagi Babilicious pecinta olahan daging babi, resep babi goreng bawang sederhana yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan menu yang bisa dicoba. Jika Babilicious hobi atau suka memasak, mungkin bisa mencobanya sendiri di rumah. Terlebih lagi, bahan yang diperlukan mudah untuk ditemukan serta cara mengolahnya mudah.

Resep Babi Goreng Bawang Sederhana

babi goreng diiris

Seperti yang kita ketahui, babi goreng merupakan salah satu menu yang paling populer dan banyak menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Dagingnya yang lembut dan juicy akan sangat cocok jika dimasak dengan cara digoreng dan disajikan bersamaan dengan kulitnya yang crispy.

Selain digoreng begitu saja hingga tekstur luarnya crispy, terdapat beberapa alternatif lain dalam mengolah daging babi. Salah satunya adalah menambahkan bawang putih agar terasa lebih sedap dan gurih. Pilihan yang satu ini pastinya akan sangat cocok bagi yang menyukai bawang putih.

Jika Babilicious ingin mencoba memasak babi goreng bawang putih ini sendiri di rumah, kamu tidak akan merasa kesulitan karena bahan dan cara memasaknya yang terbilang mudah dan tidak ribet. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai cara memasak babi goreng bawang putih sederhana adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Makanan Khas Cina Bahan Berbahan Dasar Babi

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Saat hendak memasak sesuatu, pastinya kita memerlukan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat olahan tersebut. Adapun bahan yang diperlukan dalam membuat babi goreng bawang putih adalah sebagai berikut:

  • 500 gram daging babi
  • 3 siung bawang putih untuk dihaluskan
  • 7 siung bawang putih untuk dirajang atau dipotong halus
  • 2 sendok makan ketumbar yang sudah disangrai lalu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 2 sendok makan air jeruk
  • Minyak goreng

Langkah-Langkah Memasak Babi Goreng Bawang Putih

Setelah mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan dalam membuat babi goreng bawang putih, yang selanjutnya perlu Babilicious ketahui pastinya adalah bagaimana cara memasak atau mengolahnya. Berikut ini langkah-langkah dalam memasak babi goreng bawang putih.

  1. Potong daging babi sesuai dengan bentuk yang Babilicious inginkan. Kamu bisa memotongnya dengan ukuran sedang, tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil. Usahakan untuk memotongnya sama besar agar daging bisa matang secara bersamaan saat dimasak.
  2. Cuci bersih daging babi yang sudah dipotong.
  3. Haluskan 3 siung bawang putih dan 2 sendok makan ketumbar untuk digunakan sebagai bumbu marinasi. Tambahkan garam, lada hitam, dan penyedap rasa secukupnya serta air jeruk. Campur seluruh bumbu marinasi hingga tercampur dengan baik.
  4. Setelah bumbu marinasi siap, lumuri daging dengan bumbu yang sudah disiapkan tadi hingga merata.
  5. Setelah dimarinasi, diamkan daging babi dalam bumbu marinasi selama kurang lebih 1 jam. Jika Babilicious ingin hasil maksimal dan bumbu benar-benar masuk ke daging, Babilicious bisa mendiamkannya lebih lama. Ada juga yang bahkan mendiamkannya selama 6 jam bahkan semalaman.
  6. Setelah didiamkan, panaskan minyak yang hendak digunakan dalam wajan
  7. Setelah minyak cukup panas, goreng daging babi dengan api sedang sampai mendapatkan tekstur yang Babilicious inginkan.
  8. Setelah menggoreng seluruh daging babi, Babilicious bisa merajang halus 7 bawang putih yang telah disiapkan tadi dan menggorengnya hingga kecokelatan pada minyak sisa menggoreng daging tadi.
  9. Sajikan daging dan tambahkan bawang goreng tadi.

Baca Juga: Bagian Babi Paling Enak

Apa Itu Daging Babi Kriuk, dan Mengapa Rasanya Enak?

pork belly dengan kulit yang digoreng crispy
sumber: unsplash

 

Daging babi kriuk, atau sering disebut juga dengan pork crackling atau pork rind, adalah kulit babi yang telah dikeringkan hingga benar-benar renyah dan renyah. Ketika dikunyah, Babilicious akan merasakan sensasi kriuk-kriuk yang menyenangkan pada setiap gigitannya memanjakan lidah siapa saja yang mencobanya.

Tapi, apa yang membuat daging babi kriuk begitu spesial? Secara teknis, saat kulit babi dipanggang, udara di dalamnya memperluas dan membuat kulit menggelembung. Kemudian, pada saat yang tepat, panas akan membuat kulit menjadi renyah dan memberikan sensasi kriuk pada setiap gigitan. Inilah yang membuat daging babi kriuk menjadi begitu istimewa dan digemari oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, daging babi kriuk juga kaya akan protein, vitamin B, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Meskipun memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun jika dikonsumsi dengan bijak dan seimbang, tidak akan berdampak buruk pada kesehatan.

Karena popularitasnya yang tinggi, banyak restoran dan pedagang makanan di seluruh dunia yang menawarkan daging babi kriuk sebagai hidangan utama atau camilan ringan. Dalam beberapa tahun terakhir, daging babi kriuk bahkan menjadi tren makanan yang sedang naik daun di beberapa negara.

Itu tadi penjelasan resep babi goreng bawang sederhana dan kulit kriuknya yang bisa Babilicious coba sendiri di rumah. Kamu juga bisa menyajikan babi goreng tanpa menggunakan bawang putih yang digoreng tadi, bahkan, Kamu juga bisa membuat sambal sebagai tambahannya. Bagaimana?  Tertarik membuat olahan dari daging babi? Yuk segera order daging babi di Cahaya Meat. Tersedia berbagai macam bagian daging babi, lokal, maupun impor loh! Tunggu apa lagi? segera order yah Babilicious!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya