Tips Dan Trik Menyimpan Daging Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

tips dan trik menyimpan daging

Sekarang ini, banyak sekali tips dan trik menyimpan daging dengan cara yang mudah dan pastinya juga awet. 

Cara tersebut biasa dilakukan agar daging lebih fresh dan juga tahan lama. Nah, agar tidak semakin penasaran dengan caranya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tips Dan Trik Menyimpan Daging Dengan Mudah

Bagi kalian yang suka memasak daging, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penyimpanan daging agar tetap fresh dan tahan lama. Biasanya kebanyakan orang menyimpan daging tersebut dengan tujuan agar daging lebih awet apabila tidak langsung memasaknya.

Seperti yang kita tahu, daging mentah akan lebih rentan untuk terkena bakteri. Nah, apabila sudah terkena bakteri otomatis daging tersebut akan cepat membusuk dan pasti akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penyimpanan daging harus diperhatikan agar daging tetap segar dan juga awet.

Dengan penyimpanan yang baik, tentunya akan membuat kualitas daging tetap terjaga dan kita akan dapat mengonsumsi dengan aman. Maka dari itu terdapat berbagai trik mudah untuk penyimpanan daging agar tetap awet. Mau tahu apa saja? Yuk kita simak bagaimana tips dan trik untuk menyimpan daging berikut ini.

Baca Juga: Masakan Khas China Bahan Dasar Daging Babi

4 Tips Dan Trik Untuk Menyimpan Daging Agar Tahan Lama

Agar daging tetap awet tentunya kita harus menyimpannya dengan benar. Adanya penyimpanan tersebut tentu akan menghindarkan daging dari bakteri, yang akan membuat daging cepat busuk. Nah, berikut adalah 4 tips dan trik untuk menyimpan daging agar tetap awet dan pastinya tahan lama.

1. Daging Jangan Dicuci

Jika Babilicious belum akan memasak daging, sebaiknya daging yang segar tersebut jangan dicuci terlebih dulu. Mengapa demikian? Karena apabila daging tersebut dicuci akan membuat kandungan air dalam daging akan semakin banyak.

Dengan menyimpan daging yang berair dapat membuat daging cepat mengalami freezer burn. Selain itu daging yang sudah dicuci juga akan lebih rentan untuk terkontaminasi bakteri baik yang berasal dari air maupun dari tempat pencucian tersebut. Sehingga, pastikan Babilicious jangan mencuci daging saat hendak menyimpannya.

2. Segera Masukkan Pada Kulkas

Tips yang kedua untuk menyimpan daging yaitu dengan segera masukkan pada kulkas. Seperti yang kita tahu, baik itu daging sapi atau daging kambing mentah sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama pada ruangan terbuka. Karena hal tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri yang semakin besar. 

Namun, jika daging diletakkan pada suhu yang dingin, otomatis mikroorganisme pembusuk tidak akan aktif. Sehingga daging yang disimpan tersebut akan lebih awet dan tahan lama untuk dikonsumsi. Usahakan setidaknya kurang lebih setelah 1 jam diperoleh daging segera dimasukkan pada kulkas agar tetap terjaga kualitasnya.

3. Potong Daging Sesuai Takaran Konsumsi

Sebelum disimpan, hendaknya daging dipotong terlebih dahulu sesuai dengan selera Babilicious. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar daging dapat dengan mudah dicairkan, dan agar daging tidak kontak dengan daging lainnya. Yang mana hal tersebut dapat juga membuat tumbuhnya bakteri pada daging.

4. Simpan Pada Wadah Tertutup

Tips dan trik untuk menyimpan daging yang selanjutnya adalah simpan daging pada wadah yang tertutup. Nah, setelah daging dipotong sesuai selera, simpan daging pada wadah yang tertutup. Pastikan juga Babilicious memilih wadah makanan yang aman untuk menyimpan daging agar kualitas dari daging sendiri tetap terjaga.

Itulah mengenai tips dan trik menyimpan daging agar awet dan tahan lama yang perlu Babilicious ketahui. Semoga adanya informasi penjelasan berikut dapat lebih membantu Babilicious dalam penyimpanan daging yang sesuai, agar daging tidak mudah busuk dan pastinya akan tetap awet. Temukan lebih banyak tips memasak dan resep lezat di Cahaya Putera Sejati (CPS). Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya