5 Teknik Merebus Telur Berdasarkan Waktunya

teknik merebus telur berdasarkan waktunya

Masak telur itu sangat gampang, tapi kalau kita pengen request kematangan biasanya dilakukan di restoran. Tapi kita kasih tahu cara merebus telur dengan tingkat kematangan berbeda.

Bagi penikmat telur rebus, tentunya harus mengetahui teknik merebus telur berdasarkan waktunya. Dengan begitu, Babilicious bisa menikmati telur rebus yang sesuai dengan selera Babilicious. Karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Babilicious informasi mengenai teknik untuk merebus telur berdasarkan waktunya.

Teknik Merebus Telur Berdasarkan Waktunya

Waktu merupakan salah satu faktor penting yang menentukan hasil dari telur rebus. Karena itulah, Babilicious perlu mengetahui waktu yang diperlukan untuk menghasilkan tekstur telur rebus yang sesuai dengan keinginan Babilicious. Nah, dibawah ini adalah teknik untuk merebus telur berdasarkan waktunya:

1. 4 Menit

Jika Babilicious menginginkan telur rebus seperti yang cocok untuk dicampurkan ke mie kuah, yang dimana putih telurnya matang tetapi bagian dalamnya masih encer, maka Babilicious dapat merebus telur tersebut selama 4 menit. Saat merebusnya juga harus menggunakan api yang kecil, agar telur rebus tersebut bisa memiliki tekstur yang Babilicious harapkan. Untuk telur rebus jenis ini, ada baiknya menggunakan telur omega, hal ini bertujuan agar aman bagi tubuh Babilicious karena tidak ada bakteri di dalamnya.

2. 6 Menit

Untuk Babilicious yang menyukai telur setengah matang dengan bagian putih yang lembut serta kuning telur meleleh, maka Babilicious bisa merebusnya selama 6 jam. Sensasi yang ditimbulkan saat memakan telur rebus ini memang yang paling banyak dicari oleh orang. Telur rebus setengah matang juga sangat cocok untuk dihidangkan dengan makanan lain, misalnya toast. Namun jika Babilicious hanya ingin memakannya secara langsung juga tidak akan mengurangi kelezatannya.

3. 8 Menit

Bisa dikatakan kematangan ini adalah yang paling pas untuk telur. Sebab, telur tidak lagi mentah namun juga tidak terlalu matang yang membuat bagian terlalu keras. Telur yang direbus selama 8 menit akan memiliki bagian putih dan kuning yang sangat lembut, namun kuning telur tidak terlalu meleleh.

Kondisi telur ini sangat ideal untuk dihidangkan pada ramen, soto, dan makanan kuah lainnya. Sebab, warna telur sangat indah saat dibelah akan membuat makanan terlihat lebih menarik. Nah jika Babilicious menginginkan potongan telur yang sempurna, maka Babilicious bisa memotongnya menggunakan benang.

Baca juga: Tak Kenal Maka Tak Sayang Bumbu Ngohiong Jadi Rahasia Masakan Lezat

4. 10 Menit

Jika Babilicious menginginkan telur yang matang sempurna dengan bagian putih yang lembut dengan kuning yang keras, maka Babilicious bisa merebus 10 menit. Untuk mendapatkan hasil sempurna, maka saat merebus pastikan airnya banyak dan ketinggiannya di atas telur. Selain itu, setiap beberapa menit balik posisi telur agar kematangannya semakin rata.

Untuk api yang digunakan, lebih direkomendasikan menggunakan api sedang. Nah, walaupun enak dimakan langsung, telur rebus ini juga sangat cocok untuk dimakan bersama dengan salad. Sebab, telur ini sangat lembut dan tidak membuat tenggorokan terasa seret. 

5. 12 Menit

Telur yang direbus selama 12 menit akan menjadi keras dan tidak mudah hancur. Karena itulah, kematangan ini sering digunakan untuk telur yang akan dibuat gado-gado, semur, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Babilicious bisa menggunakan api sedang hingga besar. Jangan lupa untuk sesekali mengaduknya dengan sutil. Tambahan, masukkan telur hanya setelah air yang direbus telah benar-benar mendidih.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai teknik merebus telur berdasarkan waktunya. Semoga informasi singkat mengenai teknik untuk merebus telur berdasarkan waktunya yang telah kami sampaikan di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Babilicious.

Temukan lebih banyak tips memasak dan resep lezat di Cahaya Putera Sejati (CPS). Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

tips menakar bumbu masakan untuk daging babi
Kuliner Babi

Tips Menakar Bumbu Masakan untuk Daging Babi

Bagi Babilicious yang butuh informasi seputar olahan daging babi, bisa menyimak beberapa resep dan tips menakar bumbu masakannya di artikel berikut ini. Ketika mengolah daging