Inilah Daftar Provinsi yang Memiliki Peternakan Babi Terbesar di Indonesia

Untuk mengetahui apa saja provinsi dengan peternakan babi yang terkenal, simak penjelasan yang ada di bawah ini yuk.

Tahukah Babilicious, bahwa ternyata ada banyak sekali provinsi yang mempunyai peternakan babi terbesar di Indonesia? Benar, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memasok daging babi cukup besar dan diekspor ke luar negeri. 

Peternakan Babi Terbesar di Indonesia

Untuk mengetahui provinsi mana saja yang memproduksi daging babi, kita bisa melihatnya menggunakan informasi yang sudah disebarkan oleh Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Data yang sudah disediakan oleh mereka sangat valid dan patut menjadi bahan pertimbangan yang ilmiah. Berikut ini adalah daftar provinsi peternak daging babi yang bisa Babilicious ketahui:

1. Bali

Provinsi yang pertama tentunya jatuh kepada provinsi Bali yang memang sudah lama terkenal sebagai provinsi di Indonesia yang menyediakan banyak sekali daging babi. Di Bali sendiri, ada banyak sekali peternak babi yang berusaha mengembang biakkan hewan babi dengan baik sehingga bisa digunakan untuk berbagai hal.

Produksi daging babi yang ada di Bali bahkan mencapai 201,4 ribu ton selama setahun. Jumlah tersebut tentunya sangat fantastis terlebih apabila dibandingkan dengan provinsi lainnya yang cenderung hanya berada di kisaran puluhan ribu ton saja. Kondisi geografis dan sosial di Bali yang mumpuni menjadi salah satu alasan utama mengapa peternakan babi di Bali bisa sangat maju.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali 2023

2. Sulawesi Utara

Provinsi kedua yang bisa diketahui sebagai pemasok babi terbesar yang ada di Indonesia adalah provinsi Sulawesi Utara. Provinsi yang satu ini juga sama-sama terkenal akan olahan daging babinya yang begitu lezat dan nikmat, sehingga tidak mengherankan jika banyak masyarakatnya yang menggunakan daging babi untuk bahan utama dalam mengolah makanan.

Jumlah produksi daging babi yang ada di Sulawesi Utara sendiri mencapai jumlah 27,2 ribu ton. Jumlah tersebut pun akan selalu bertambah seiring dengan tingkat produktivitas peternak babi yang memang semakin maju di daerah Sulawesi Utara. Apabila didukung dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat, maka bisa dipastikan jika pasokan babi yang dihasilkan oleh Sulawesi Utara ini akan semakin naik lagi.

3. Nusa Tenggara Timur (NTT)

Selanjutnya, terdapat provinsi Nusa Tenggara Timur yang juga turut serta menyediakan banyak sekali daging babi untuk diekspor ke luar negeri. Bahkan, pada tahun 2018 lalu Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi dengan populasi ternak babi yang sangat besar yakni sejumlah 2 juta lebih ekor dan tertinggi di Indonesia pada tahun tersebut. 

Peternakan babi menjadi fokus perkembangan yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur karena memang daging babi merupakan daging yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat setempat, bahkan mencapai 40 persen. Di provinsi ini, rata-rata satu rumah tangga mempunyai dua ekor babi sehingga tidak mengherankan jika jumlah babi yang ada di sini begitu banyak.

Baca Juga : Kandungan Gizi dalam Daging Babi yang Sangat Bermanfaat

Oleh karena itu, Nusa Tenggara Timur menjadi provinsi yang menyumbangkan sekitar 10,2 persen dari total produksi babi yang ada di Indonesia. Jumlah produksi daging babi tersebut pun akan selalu naik dari tahun ke tahun hingga sekarang.

Begitulah beberapa provinsi yang terkenal karena memiliki peternakan babi terbesar di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri lagi, provinsi tersebut memiliki jasa yang begitu besar sebagai pemasok daging babi yang berkualitas tinggi, sehingga tidak mengherankan jika daging tersebut juga terkenal hingga ke luar negeri.

Temukan lebih banyak tips memasak dan resep lezat di Cahaya Putera Sejati (CPS). Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

cara membuat konsep bisnis kuliner
Tips Bisnis

Cara Membuat Konsep Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan, terutama dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, memulai bisnis kuliner tidak