Mengenal 10 Jenis Potongan Daging Sapi yang Perlu Anda Ketahui

jenis potongan daging sapi

Dalam dunia kuliner, pemahaman mengenai berbagai jenis potongan daging sapi merupakan pengetahuan yang penting untuk para koki, pecinta masakan, dan konsumen. Keberhasilan dalam memasak dan menikmati hidangan daging sapi tidak hanya bergantung pada teknik memasak, tetapi juga pemahaman terhadap potongan-potongan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 jenis potongan daging sapi yang perlu Anda ketahui, mulai dari potongan yang empuk hingga yang penuh dengan cita rasa.

10 Jenis Potongan Daging Sapi yang Perlu Diketahui

Untuk memahami lebih lanjut, berikut jenis-jenis potongan daging sapi:

1. Blade

Potongan ini berasal dari bagian bahu sapi. Blade memiliki rasio lemak dan daging yang seimbang, membuatnya cocok untuk dipanggang, direbus, atau diolah menjadi stroganoff.

2. Chuck Tender

Chuck tender atau terderloin bahu adalah potongan daging sapi yang sangat empuk. Cocok untuk dipanggang atau dipotong menjadi steak.

3. Daging Has Luar (Sirloin)

Potongan daging ini berasal dari bagian pinggang dan memiliki serat otot yang kasar. Cocok untuk panggangan, pemanggangan, atau penggunaan dalam resep tumis.

Baca Juga : Jenis Potongan Babi di BBQ Korea

4. Daging Has Dalam (Tenderloin)

Daging has dalam umumnya lebih lembut dan berlemak dibandingkan dengan daging has luar. Cocok untuk dimasak dengan metode panggangan atau diolah menjadi steak.

5. Rib Eye Roll

Potongan ini berasal dari bagian punggung dan dada sapi, dikenal karena kandungan lemak marbling yang tinggi. Rib Eye Roll sangat cocok untuk dipanggang atau dijadikan steak premium.

6. Brisket

Brisket adalah potongan daging yang berasal dari dada sapi. Potongan ini sering digunakan untuk membuat beef brisket yang lembut dan beraroma khas.

Baca Juga : 8 Tips Memilih Supplier Daging untuk Usaha Kuliner Anda

7. Short Ribs

Short ribs berasal dari tulang iga bagian atas sapi. Potongan ini cocok untuk dimasak dalam slow cooker, dipanggang, atau dimasak dengan metode rendaman.

8. Top Loin / Striploin

Top loin atau striploin adalah potongan daging yang berasal dari bagian punggung atas sapi. Dikenal karena keempukan dan kelezatannya, cocok untuk dipanggang atau dijadikan steak.

9. T-bone

Potongan T-bone adalah kombinasi antara tenderloin dan striploin, dipisahkan oleh tulang T. Ini memberikan pengalaman nikmat dengan dua jenis daging yang berbeda, cocok untuk dipanggang.

10. Samcan

Potongan samcan berasal dari bagian dada bawah sapi. Cocok untuk dimasak dalam sup atau diolah menjadi hidangan panggang.

banner CTA CPS

Dengan memahami jenis-jenis potongan daging sapi ini, Anda dapat lebih selektif dalam memilih potongan yang sesuai dengan kebutuhan masakan atau selera Anda. Berbagai potongan memberikan pengalaman rasa yang berbeda, sehingga pemilihan yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidangan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Cahaya Putera Sejati (CPS) bisa menjadi alternatif yang sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan daging sapi, daging babi, seafood, dan ayam untuk usaha kuliner Anda. Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

 

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

memasak daging babi dengan presto
Kuliner Babi

Cara Mudah Memasak Daging Babi Dengan Presto

Masak daging babi biar jadi empuk itu bisa salahsatunya dengan cara presto, simak caranya disini yuk. Banyak orang yang masih belum mengetahui cara memasak daging