Jenis Potongan Babi di BBQ Korea

bagian bahu babi

Kuliner dari negeri gingseng ini sangat banyak dan seakan sudah menjadi kesukaan masayarakat Indonesia. Siapa yang sudah tidak asing dengan istilah Korean BBQ, tahu kah kamu kalau Korean BBQ juga handal dalam mengolah daging selain sapi, yaitu daging babi. Sebetulnya daging babi ini sudah sangat umum dikonsumsi oleh orang-orang Korea di negara asalnya. 

Simak yuk beberapa olahan khas dari Korea dengan bahan dasar daging babi berikut ini. Mungkin dagi list down dibawah ada favorit kamu nih babilicous?

  • Samgyeopsal atau perut babi.

Bagian ini merupakan daging babi dengan potongan paling populer di negara asalnya termasuk juga di Indonesia. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia itu artinya lapisan lemak, dan merujuk dengan potongan daging yang berlemak dan juga memiliki aroma khas. Terdapat beberapa jenis potongan daging babi yang bisa dimakan menjadi kudapan lezat, mulai dari Samgyeopsal dengan tiga lapisan daging dan juga lemak, Ogyepsal dengan lima lapisan daging babi termasuk kulit serta Saenggu yang merupakan daging perut tanpa adanya lemak.

  • Galmaegisal, perut samping.

Meskipun agak mirip dengan di atas, sama-sama dibagian perut, namun bagian ini tepatnya di sisi yang lebih samping dari babi. Kontur dagingnya lebih berserat, tapi tetap punya aroma daging babi yang unik saat dibakar / dipanggang.

  • Moksal.

Kalau bagian daging babi ini merupakan bagian daging babi sisi leher, atau pork chop dengan kontul seperti marmer. Rasanya sangat enak dan khas lengkap dengan saripati yang cukup tebal. Biasanya juga disajikan dengan ukuran besar serta dipotong sesuai ukuran bite sebelum dipotong.

  • Hangjeongsal.

Bagian ini merupakan potongan sangat tipis dibagian leher dan punya kandungan lemak cukup banyak, mana nih pecinta lemak suaranya???. Daging ini di Korea BBQ disajikan jadi makanan pembuka, bagian ini cukup premium loh karena punya rasa yang gurih, dan juga porsinya terbatas dalam babi satu ekor.

  • Daejikalbi.

Bagian babi ini merupakan daging iga babi jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Berbeda dengan daging iga sapi, kalau daekjikalbi ini perlu ada treatment marinasi dulu dalam bumbu gochujang sebelum dipanggang. Sama juga ketika ingin direbus, perlu dimarinasi dulu biar menciptakan rasa yang lebih unik. Tekstur dagingnya ini termasuk sangat lembut dan sangat enak ketika dibakar.

Beli daging babi enak di Supplier Daging Babi Cahayameat, beli di Tokopedia dan Shopee untuk pembelian mulai dari 1 kg.

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

cara membuat konsep bisnis kuliner
Tips Bisnis

Cara Membuat Konsep Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan, terutama dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, memulai bisnis kuliner tidak