Ini Dia Cara Memanggang Daging Babi yang Tepat

Simak yuk bagaimanakah cara yang sesuai dalam memanggang daging babi sehingga hasilnya maksimal?

Daging babi yang dipanggang sering menjadi olahan favorit orang-orang, sehingga penting untuk mengetahui cara memanggang daging babi. Sebenarnya, untuk melakukan hal ini tidak sulit sama sekali karena tidak memerlukan bahan atau pun teknik yang rumit. 

Cara Memanggang Daging Babi

Inilah Cara Memanggang Daging Babi

Daging babi panggang akan memiliki tekstur yang garing sehingga renyah ketika dikonsumsi terlebih kulit berlemaknya juga sangat gurih. Meskipun terkesan mudah, namun tanpa cara yang tepat tentunya kualitas dari daging babi tersebut juga sedikit kurang lezat. Untuk itu, agar daging babi panggang yang Babilicious hasilkan memiliki kualitas tinggi, perhatikanlah cara-cara yang ada di bawah ini.

1. Bersihkan Daging Terlebih Dahulu

Cara pertama yang harus Babilicious lakukan tentu saja dengan mempersiapkan daging babi yang ingin dipanggang. Carilah daging babi yang masih segar sehingga bisa diolah dengan mudah tanpa ada masalah lain yang tidak diinginkan. Sebelum itu, alangkah lebih baik apabila Babilicious menaruh daging babi tersebut di freezer agar kualitas yang ada di dalamnya tidak mengalami penurunan.

Jika sudah, Babilicious bisa mengeluarkan daging babi tersebut dan membersihkannya menggunakan air yang mengalir. Pastikan untuk membuat daging babi itu bersih tanpa adanya kotoran sekecil apa pun sehingga aman untuk dikonsumsi setelah sudah diolah. Kemudian, potong-potong daging babi tersebut dalam ukuran yang sesuai dengan keinginan Babilicious.

Usahakan untuk memotong daging babi dalam ukuran yang pas yakni tidak terlalu tipis namun juga tidak terlalu tebal. Dengan begitu, maka proses pemanggangan daging babi nantinya tidak akan terlalu lama untuk dilakukan.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali 2023

2. Lumuri dengan Bumbu

Selanjutnya, Babilicious dapat melumur daging babi yang sudah dipotong menggunakan bumbu yang sudah Babilicious buat. Apabila Babilicious belum mengetahui bumbu apa yang harus dipakai, tidak perlu khawatir karena bumbu tersebut tidak sulit untuk dicari.

Salah satunya yaitu minyak zaitun atau minyak sayur yang bisa membuat daging babi semakin lezat. Takaran minyak zaitun yang hendak digunakan harus disesuaikan dengan ukuran daging, jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu kurang. Kemudian, taburi permukaan daging babi menggunakan garam laut secukupnya. 

Garam akan memberikan cita rasa yang sangat baik kepada daging babi meskipun Babilicious hanya menggunakan garam biasa. Apabila Babilicious ingin menambahkan bumbu lainnya seperti bawang bombai bubuk, merica hitam tumbuk, dan lain-lain, lakukanlah setelah garam sudah ditaburkan.

3. Panggang Menggunakan Oven

Jika persiapan dasar sudah selesai, Babilicious bisa segera memanggang daging ke dalam oven. Bungkus daging menggunakan aluminium foil, lalu masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 30 hingga 40 menit. Sebenarnya, durasi memanggang daging babi sangat bergantung dengan tingkat ketebalan dan ukuran dari potongan daging.

Apabila Babilicious tidak yakin dengan durasi panggang yang tepat, maka Babilicious bisa mengikuti aturan dasar yang sudah sering dilakukan. Aturan tersebut yakni pangganglah setiap 500 gram daging dalam waktu 30 menit, karena pada tahap ini maka warna yang ada di sekitar lapisan daging akan berubah warna menjadi cokelat gelap.

Baca Juga : Inilah Daftar Provinsi yang Memiliki Peternakan Babi Terbesar di Indonesia

Jika sudah, maka hal itu berarti daging panggang Babilicious sudah matang dan dapat dikonsumsi dengan aman. Cara memanggang daging babi yang ada di atas tidak rumit sama sekali, bukan? Apabila Babilicious tertarik untuk memanggang babi, silakan ikutilah beberapa cara di atas secara mandiri.

Temukan lebih banyak tips memasak dan resep lezat di Cahaya Putera Sejati (CPS). Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

cara membuat konsep bisnis kuliner
Tips Bisnis

Cara Membuat Konsep Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan, terutama dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, memulai bisnis kuliner tidak