Ketahui! Bumbu Masakan Bakut Khas China Paling Enak Untuk Santapan Bersama Keluarga

bumbu masakan Bakut khas China

Kuliner Bakut khas China Babilicious jumpai di restoran China, dan juga sering dijadikan menu rumahan karena bahan-bahannya yang mudah di dapat. Cek bumbu-bumbunya disini yuk.

Ketahui resep dan bumbu masakan Bakut khas China yang paling enak untuk santapan keluarga, jika Babilicious ingin membuatnya sendiri di rumah. Bakut merupakan sebutan untuk bagian iga babi, biasanya bagian tersebut diolah menjadi sup atau biasa dikenal dengan Bakut Teh.

Bakut atau Chinese Pork Rib Soup ini merupakan hidangan sup tradisional China yang terbuat dari iga babi yang direbus dengan rempah-rempah dan bumbu-bumbu khas China. Biasanya hidangan ini disajikan dengan kuah yang gurih dan kaya rasa, serta daging iga babi yang empuk dan lezat.

Hidangan ini juga diyakini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan tulang dan kulit karena mengandung kolagen yang tinggi dari tulang iga babi.

Biasanya Bakut Khas China disajikan dengan nasi putih atau mie kuning sebagai pendampingnya. Hidangan ini juga sangat populer di seluruh dunia, terutama di Asia, dan sering menjadi favorit bagi pecinta kuliner dan penggemar hidangan sup. Di Indonesia sendiri, kuliner Bakut ini biasanya dimasak kuah dengan sayur asin. 

Daging iga babi dengan potongan pendek (short ribs) dan yang panjang akan diolah menjadi asam gurih dan segar karena dicampur dengan sayur asin. Lalu apa saja bahan-bahan dan bagaimana cara membuatnya? Simak resep lengkap menu Bakut khas Cina berikut ini.

Bumbu Masakan Bakut Khas China dan Cara Membuatnya

Bumbu Masakan Bakut Khas China dan Cara Membuatnya

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat menu Bakut khas China yang paling enak.

Bahan-bahan Menu Bakut khas China

  • 500 gram tulang iga babi (short ribs)
  • 1 ruas jahe, dipotong kecil-kecil
  • 4 siung bawang putih, dihancurkan atau diiris tipis
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm cuka beras
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 liter air
  • 250 gram sawi asin
  • Daun bawang dan seledri secukupnya

Baca juga: Tak Kenal Maka Tak Sayang Bumbu Ngohiong Jadi Rahasia Masakan Lezat

Cara membuat Menu Bakut khas China

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat menu Bakut khas China yang dapat Babilicious coba sendiri di rumah.

  1. Rebus air dalam panci besar lalu masukkan tulang iga babi ke dalamnya. Rebus selama 5 menit kemudian tiriskan airnya lalu cuci bersih tulang rusuk babi.
  2. Rebus kembali air dalam panci bersih dan masukkan tulang rusuk babi yang sudah dicuci. Kemudian tambahkan jahe dan bawang putih yang sudah diiris tipis-tips atau dihancurkan ke dalam panci.
  3. Tambahkan saus tiram, saus tomat, kecap asin, gula pasir, dan cuka beras ke dalam panci lalu aduk hingga rata.
  4. Biarkan bahan-bahan rebusan mendidih dan kemudian kecilkan api dan tutup panci. Biarkan tulang rusuk babi dan bahan-bahan lainnya matang selama sekitar 45 menit hingga empuk.
  5. Setelah tulang rusuk babi empuk, tambahkan daun bawang dan seledri secukupnya. Aduklah hingga rata lalu masak kembali selama beberapa menit lagi.
  6. Cucilah sawi asin, lalu peras hingga tiris lalu potong-potong dan masukkan ke dalam sup tulang iga sapi dan tunggulah beberapa saat.
  7. Angkat tulang iga babi dari panci dan tiriskan sisa kuahnya.
  8. Panaskan minyak wijen dalam wajan dan panggang tulang rusuk babi hingga kecoklatan dan berkerut. Sajikan di atas piring saji dan siram dengan sedikit sisa kuah dari rebusan.
  9. Bakut khas China siap disajikan.

Demikian informasi mengenai resep dan bumbu masakan Bakut khas China yang paling enak. Apakah Babilicious tertarik untuk membuat menu Bakut sayur asin dengan kuah bening sendiri untuk santapan bersama keluarga? Temukan lebih banyak tips memasak dan resep lezat di Cahaya Putera Sejati (CPS). Anda juga dapat langsung menghubungi kami di sini untuk semua kebutuhan daging pada bisnis kuliner Anda!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

cara membuat konsep bisnis kuliner
Tips Bisnis

Cara Membuat Konsep Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan, terutama dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, memulai bisnis kuliner tidak