Resep Babi Guling Khas Bali yang Lezat

nasi babi guling Bali

Bali punya banyak sekali olahan daging babi, yang paling khas adalah babi guling, berikut ini adalah resep babi guling khas bali untuk babilicious.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali 2023

Ketika Babilicious merasa rindu dengan kenikmatan babi guling yang sering ditemukan di Bali, maka tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri resep babi guling khas Bali itu. Dengan begitu, Babilicious bisa mengobati kerinduan akan makanan tersebut tanpa harus kerepotan mengunjungi Bali terlebih dahulu. Nah, ini dia resepnya yang dapat Babilicious ikuti dengan mudah sekali.

Resep Babi Guling

Nasi Babi Khas Bali

Secara umum, babi guling kini sekarang memang lebih sering ditemukan di sejumlah restoran dan warung makan yang ada di Bali. Babi guling pun dimasak dalam bentuk utuh, meskipun bagian dalamnya selalu diisi dengan berbagai macam bumbu yang gurih. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Babilicious terapkan saat hendak mengolah babi guling.

  1. Persiapkan Bahannya

Langkah pertama yang harus Babilicious lakukan tentu saja dengan mempersiapkan bahan yang diperlukan untuk membuat babi guling semakin lezat. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan ini terdiri atas dua bahan, yakni bahan bumbu halus dan bahan utama. 

Bahan Bumbu Halus

  • ¼ sdt merica bubuk
  • ½ sdt bumbu bubuk ngohiong
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm angciu
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula pasir

Bahan Utama

  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ kg daging babi bagian paha yang sudah disayat memanjang.
  1. Buat Bumbu Halus

Langkah yang kedua yaitu Babilicious dapat mengolah bahan-bahan bumbu halus terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum memulai proses mengolah babi guling. Untuk membuat bumbu halus sendiri bisa dilakukan dengan cara mempersiapkan blender, lalu masukkanlah seluruh bahan bumbu halus yang sudah Babilicious siapkan sebelumnya.

Haluskan seluruh bahan bumbu hingga tercampur rata dan benar-benar halus memakai blender. Apabila Babilicious ternyata tidak memiliki blender di rumah, tidak usah merasa kebingungan sebab hal ini bisa Babilicious siasati dengan cara menghaluskan bahan bumbu halus tadi menggunakan cara diulek.

  1. Marinasi Daging Babi

Apabila bumbu halus untuk daging babi guling sudah siap sedia, maka Babilicious bisa mempersiapkan wadah yang tepat lalu masukkanlah bumbu halus dan daging babi ke dalam wadah tersebut. Lumuri daging babi memakai bumbu halus sampai merata ke seluruh bagian.

Pastikan seluruh permukaan dan bagian keratan daging babi sudah tertutupi oleh bumbu halus. Kemudian, Babilicious dapat menyimpan daging babi yang sudah dilumuri tadi ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

  1. Panggang Daging Babi

Apabila satu jam sudah berlalu, keluarkanlah daging babi dari dalam kulkas. Setelah itu, panaskan oven hingga mencapai suhu sebesar 160 derajat celsius. Masukkan daging babi yang sudah dimarinasi tadi ke rak bagian tengah. 

Letakkanlah loyang pada rak bagian bawah, sehingga minyak yang keluar dari daging babi selama proses pemanggangan dapat ditampung. Panggang daging hingga kulitnya berubah menjadi garing sambil dilumuri oleh bumbu halus.

  1. Goreng Sampai Krispi

Setelah dipanggang, keluarkan daging babi dari dalam oven. Siapkan minyak goreng secukupnya ke atas wajan, panaskan minyak tersebut lalu goreng daging babi hingga menjadi matang. Pastikan kulit daging tersebut benar-benar garing, jika sudah angkat daging tersebut lalu tiriskan. 

Itulah resep daging babi guling yang pastinya akan membuat selera makan Babilicious menjadi sangat tergugah. Daripada hanya mengkhayalkan kenikmatan daging babi guling saja, cobalah untuk membuat daging babi guling sendiri dengan resep di atas!

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya