Bagian Daging Babi dan Olahannya

bagian daging babi cahayameat

Bagian daging babi ada berapa banyak sih, cuma kita bahas secara umum dulu yuk. Meskipun Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim, namun konsumsi dan produksi olahan daging babinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Termasuk juga daging babi import dan juga daging babi lokal.

Tahukah kamu babilicious kalau sebetulnya daging babi itu punya bagian yang sebetulnya mirip dengan daging babi. Dan juga dikelompokkan pada empat bagian besar, ada bagian pinggang, bahu, perut, sampai bagian bawah di kaki atau juga paha. Semuanya punya karakteristik dan penamaan sendiri dan juga peruntukan memasaknya.

Biar gak penasaran cari tahu yuk bagian-bagian umum dari daging babi berikut ini.

bagian bahu babi

Untuk bagian yang pertama nih, ada bagian babhu yang dikelompokkan jadi dua bagian, yaitu bahu dibagian bawah atau lower picnic shoulder dan juga bagian atas atau boston shoulder. Bagian bahu atas ini punya lemak yang cukup banyak dibandingkan bagian bahu sisi bawah, karena bagian bahu bahah ini menopang dan jadi pondasi babi sehingga punya banyak otot disana.

Kalau untuk olahannya sendiri sih bagian ini cocok dimasak dengan perlahan dengan api yang kecil agar daging tetap empuk. Bagian bahu ini juga cocok dibuat menjadi semur atau dijadikan daging babi giling.

  • Bagian daging babi 2:Pinggang babi.

Sering makan iga babi panggang? Nah ini yang merupakan bagian penghasil iga panggang tersebut. Dari bagian inilah iga lezat lahir dan juga bagian baby back rib atau tulang iga dan dagingnya dipotong secara berderet serta has dalam. Kalau sudah berada ditoko daging, bagia ini sudah masuk ke dalam bentuk panggangan atau blade roast, potongan iga atau rib chop serta potongan bagian pinggang atau loin chop potongan has luar dan has dalam.

Fakta unik, daging dagi bagian pinggang ini sebetulnya sifatnya sangat lunak, jadi cocok bagnet nih untuk dipanggang, atau dibakar serta ditumis, gimana makin ngiler gak tuh? Buruan pesen iga babi di Cahayameat, klik disini.

  • Bagian daging babi 3: Perut.

Bagian perut babi ini merupakan seperti iga, namun dagingnya tipis dan juga sering disebut sebagai spareribs. Bagian ini biasanya diolah menjadi daging asap atau bacon, dan juga pancetta dengan bumbu dari Itali. Sama seperti di atas, daging babi bagian ini cocok untuk dipanggang atau juga dibakar.

  • Bagian daging babi 3:Kaki.

Kalau bagian bawah ada bagian kaki atau juga sisi paha dari babi. Uniknya bagian babi yang satu ini biasanya dijual bentuk utuh. Jadi secara kasat mata langsung kelihatan ini bagian yang dijual adalah kaki babi. Namun, tetap ada juga ya sobat, bagian paha babi yang sudah dipotong-potong jadi kita sebagai pembeli ini mudah. Buat yang suka panggang memanggang, cocok nih beli kaki babi.

Promo daging babi di Tokopedia
Klik Gambar Untuk Dapat Promo Daging Babi di Tokopedia

 

Jadi, udah tahu belom nih mau masak apa? Kalau belum, cari inspirasi di Tokopedia dan Shopee Cahayameat deh biar dapet inspirasi mau masak bagian apa.

 

Ferdinandus Angrianto

Ferdinandus Angrianto

Saya berkomitmen untuk menjadikan kuliner bermutu terjangkau untuk semua kalangan.

Share This Article:

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Lainnya

memasak daging babi dengan presto
Kuliner Babi

Cara Mudah Memasak Daging Babi Dengan Presto

Masak daging babi biar jadi empuk itu bisa salahsatunya dengan cara presto, simak caranya disini yuk. Banyak orang yang masih belum mengetahui cara memasak daging